JENIS-JENIS
MEDIA
Kelompok
kesatu:
1.
Media
Grafis
Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan
melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar. Grafis
biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan
mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat orang.Contoh media
grafis adalah grafik, diagram, bagan, sketsa, poster, papan flannel, dan
bulletin board.
Kelebihan
Media Grafis
a. Dapat
mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
b.Dapat
dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
c. Pembuatanya
mudah dan harganya murah.
Kelemahan
Media Grafis
a. Membutuhkan
keterampilan khusus dalam pembuatanya, terutama untuk grafis yang lebih
komplek.
b.Penyajian
pesan hanya berupa unsur visual( Susilana, Cepi Riana 2011:14-15).
2.
Media
Bahan Cetak
Media bahan cetak
adalah media visual yang pembuatanya melalui proses pencetakan / printing atau
offset. Media bahan cetak ini menyajikan pesanya melalui huruf dan
gambar-gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi
yang disajikan. Contohnya buku teks, modul, majalah ilmiah dan lain-lain.
Kelebihan Media Bahan Cetak
a. Dapat
menyajikan pesan atau informasi dalam jumlah yang banyak.
b.Pesan
atau informasi dapat dipelajari oleh siswa sesuai dengan kebutuhan, minat, dan
kecepatan masing-masing.
c. Dapat
dipelajari kapan dan dimana saja karena mudah dibawa.
d. Akan
lebih menarik apabila dilengkapi dengan gambar dan wacana.
e. Perbaikan/revisi
mudah dilakukan.
Kelemahan Media Bahan Cetak
a. Proses
pembuatanya membutuhkan waktu yang cukup lama.
b. Bahan
cetak yang tebal mungkin dapat membosankan dan mematikan minat siswa untuk
membacanya.
c. Apabila
jilid dan kertasnya jelek, bahan cetak akan mudah rusak dan sobek
( Susilana,
Cepi Riana 2011:15-16).
3.Media
Gambar Diam
Media gambar diam
adalah media visual yang berupa gambar yang dihasilkan melalui proses
fotografi. Contoh media gambar ini adalah foto.
Kelemahan
Media Gambar Diam
a.
Dibandingkan dengan grafis, media foto
ini lebih kongkret.
b.
Dapat menunjukan perbandingan yang tepat
dari objek yang sebenarnya.
c.
Pembuatanya mudah dan harganya murah.
Kelemahan Media Gambar Diam
a.
Biasanya ukuranya terbatas sehingga
kurang efektif untuk pembelajaran kelompok besar.
b. Perbandingan
yang kurang tepat dari suatu objek akan menimbulkan kesalahan persepsi ( Susilana,
Cepi Riana 2011:16).
Kelompok
Kedua Media
Proyeksi Diam
Media
proyeksi diam adalah media visual yang diproyeksikan atau media yang
memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksinya tidak bergerak atau memiliki
sedikit unsur gerakan.
1.Media OHP dan OHT
OHT (Overhead
Transparency) adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang
disebut OHP (Overhead Projector).OHT terbuat dari bahan transparan yang
biasanya berukuran 8,5×11 inci.
Ada 3 jenis bahan yang dapat digunakan sebagai OHT, yaitu:
a.
Write on film ( plastic transparansi),
yaitu jenis transparasi yang dapat ditulisi atau digambari secara langsung
dengan menggunakan spidol.
b.
PPC transparency film (PPC=Plain paper
copier), yaitu jenis transparansi yang dapat diberi tulisan atau gambar dengan
menggunakan mesin photo copy.
c.
Infared transparency film, yaitu jenis
transparensi yang dapat diberi tulisan atau gambar dengan menggunakan mesin
thermofax.
OHP (Overhead Projector) adalah media yang
digunakan untuk meproyeksikan program-program transparansi pada sebuah layar.
Biasanya alat ini digunakan untuk menggantikan papan tulis.
Kelebihan
Media OHT/OHP:
a.
Dapat digunakan untuk menyajikan pesan
di semua ukuran ruangan kelas.
b.
Menarik, karena memungkinkan penyajian
yang variatif dan disertai dengan warna-warna yang menarik.
c.
Tatap muka dengan siswa selalu terjaga
dan memungkinkan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
d.
Tidak memerlukan operator secara khusus
dan tidak pula memerlukan penggelapan ruangan.
e. Dapat
menyajikan pesan yang banyak dalam waktu yang relatif singkat.
f. Program
OHT dapat digunakan berulang-ulang
Kelemahan
Media OHT/OHP
a. Memerlukan
perencanaan yang matang dalam pembuatan dan penyajianya.
b.OHT dan OHP merupakan
hal yang tak dapat dipisahkan, karena sebuah gambar dalam kertas biasa tidak
bias diproyeksikan melalui OHP.
c. Urutan
OHT mudah kacau, karena merupakan urutan yang lepas. ( Susilana, Cepi Riana
2011:16-17).
2.
Media
Opaque Projektor
Opaque projector atau tak tembus
pandang adalah media yang digunakan untuk memproyeksikan bahan dan benda-benda
yang tidak tembus pandang, seperti buku, foto, dan model-model baik yang dua
dimensi maupun yang tiga dimensi. Berbeda dengan OHP, opaque projector ini tak
memerlukan transparansi, tapi memerlukan penggelapan ruangan.
Kelebihan dan kelemahan media opaque
projector ini hamper mirip dengan kelemahan dan kelebihan media OHP dan media
slide. Oleh karena itu opaque projector denagan segala karakteristiknya dapat
berfungsi sebagai OHP dan slide projector (Anitah,2012:34).
3.
Media
Slide
Media slide atau film bingkai adalah
media visual yang diproyeksikan melalui alat yang disebut dengan proyector slide. Slide atau film bingkai terbuat dari
film positif yang kemudian diberi bingkai yang terbuat dari karton atau
plastik.
Kelebihan Media
Slide
a. Membantu
menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan dan
dapat dipadukan dengan unsure suara.
b.Merangsang minat dan
perhatian siswa dengan warna dan gambar yang kongrit.
c. Program
slide mudah direvisi sesuai dengan kebutuhan, karena filmnya terpisah-pisah.
d.
Penyimpanannya mudah karena ukuranya
kecil.
Kelemahan Media Slide
a. Memerlukan
penggelapan ruangan untuk memproyeksikanya.
b.Pembuatanya memerlukan
waktu yang cukup lama, jika program yang dibuatnya cukup panjang.
c. Memerlukan
biaya yang boleh dikatakan besar.
d.
Hanya dapat menyajikan gambar yang diam
( geraknya terbatas walaupun dengan menggunakan lebih dari sebuah proyektor ( Susilana,
Cepi Riana 2011:18).
Kelompok Ketiga Media Audio
Media audio adalah media yang
penyampaiannya pesanya hanya dapat diterima oleh indera pendengaran. Pesan atau
informasi yang disampaikan dituangkan ke dalam lambing-lambang auditif yang
berupa kata-kata, musik,dan saund effect. Jenis media audio ini diantaranya:
1. Media Radio
Radio adalah media audio yang
penyampaian pesanya dilakukan melalui pancaran gelombang elektromagnetik dan
suatu pemancar. Pemberi pesan ( penyair) secara langsung dapat
mengkomunikasikan pesan atau informasi melalui suatu alat (microfon) yang
kemudian diolah dan dipancarkan kesegenap penjuru melalui gelombang
elektromanetik dan penerima pesan (pendengar) menerima pesan atau informasi
tersebut dari pesawat radio di rumah-rumah atau para siswa mendengarkanya di
kelas-kelas.
Kelebihan Media Radio
a. Memiliki
variasi program yang cukup banyak.
b.Sifatnya mobile, karena
mudah dipindah-pindah tempat dan gelombangnya.
c. Baik
untuk mengembangkan imajinasi siswa.
d.
Dapat lebih memusatkan perhatian siswa
terhadap kata, kalimat atau musik, sehingga sangat cocok digunakan untuk
pengajaran.
e. Jangkauannya
sangat luas sehingga dapat didengar oleh massa yang banyak.
f. Harganya
relative murah.
Kelemahan Media Radio
a.
Sifat komunikasinya hanya satu arah
b.
Jika siaranya monoton akan lebih cepat
membosankan siswa untuk mendengarkanya.
c.
Progran siaranya selintas, sehingga
tidak bias diulang-ulang dan disesuaikan dengan kemampuan belajar siswa secara
individual.
2. Media Alat Perekam Pita Magnetik
Alat perekam pita
magnetic atau kaset tape recorder adalah media yang menyajikan pesanya melalui
proses perekaman kaset audio. Tidak seperti radio yang menggunakan gelombang
elektromagnetik sebagai alat pemancaranya.
Kelebihan
Media Alat Perekam Pita Magnetik
a. Pita
rekaman dapat diputar berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan siswa.
b.Rekaman dapat dihapus
dan digunakan kembali.
c. Mengembangkan
daya imajinasi siswa.
d.
Sangat efektif untuk pembelajaran
bahasa.
e. Penggandaan
programnya sangat mudah.
Kelemahan Media
Alat Perekam Pita Magnetik
a. Daya
jangkauaanya terbatas.
b.Biaya
penggandaan alatnya relative lebih mahal dibanding radio ( Susilana, Cepi Riana
2011:19-20).
Kelompok Keempat: Media Audio
Visual Diam
Media audiovisual diam adalah media
yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh indera pendengaran dan indera
penglihata, akan tetapi gambar yang dihasilkan adalah gambar diam atau sedikit
memiliki unsure gerak.
Contoh media ini antara lain media
sound slide (slide suara), film strip bersuara, dan halaman bersuara.
Kelebihan dan kelemahan media ini
tidak jauh berbeda dengan media proyeksi diam. Perbedaanya adalah adanya aspek
suara pada media audiovisual diam.
Kelompok kelima: Film (Motion
Pictures)
Film disebut juga gambar hidup,
yaitu serangkaian gambar diam yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan
sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak. Film merupakan media yang
menyajikan pesan audiovisual dan gerak. Oleh karenanya, film memberikan kesan
yang impresif bagi pemirsanya.
Ada beberapa jenis film, diantaranya
film bisu, film bersuara, dan film gelang yang ujungnya saling bersambungan dan
proyeksinya tak memerlukan penggelapanruangan.
Kelebihan Media Film
a.
Memberikan pesan yang dapat diterima
secara lebih merata oleh siswa.
b.
Sangat bagus untuk menerangkan suatu
proses.
c.
Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
d.
Lebih realistis, dapat diulang-ulang dan
dihentikan sesuai dengan kebutuhan.
e. Memberikan
kesan yang mendalam, yang dapat mempengaruhi sikap siswa.
Kelebihan Media Film
a.
Harga produksinya cukup mahal.
b.
Pembuatanya memerukan banyak waktu dan
tenaga.
c.
Memerlukan operator khusus untuk
mengoprasikanya.
d. Memerlukan
penggelapan ruangan.
Kelompok
Keenam: Televisi
Televisi adalah sistem
elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama suara melalui
kabel atau ruang. Sistem ini menggunakan peralatan yang mengubah cahaya dan
suara ke dalam gelombang elektrik dan mengkonversinya kembali ke dalam cahaya
yang dapat dilihat dan suara yang dapat didengar (Arsyad, 2014:51).
Kelebihan Media Televisi
a. Televisi
dapat memancarkan berbagai jenis bahan audio-visual termasuk gambar diam, film,
objek, specimen, dan drama.
b. Televisi
bias menyajikan model dan contoh-contoh yag baik bagi siswa.
c. Televisi
dapat membawa dunia nyata ke rumah ke kelas-kelas, seperti orang,
tempat-tempat, dan peristiwa-peristiwa, melalui penyiaran langsung atau
rekaman.
d. Televisi
dapat memberikan kepada siswa peluang untuk melihat dan mendengar diri sendiri.
Kelemahan Media
Televisi
a. Televisi
hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah.
b. Televisi
pada saat disiarkan akan berjalan terus dan tidak ada kesempatan untuk memahami
pesan-pesanya sesuai dengan kemampuan individual siswa.
c. Guru
tidak memiliki kesempatan untuk merivisi film sebelum disiarkan.
d. Layar
pesawat televise tidak mampu menjangkau kelas besar sehingga sulit bagi siswa
untuk melihat secara rinci gambar yang disiarkan.
Kelompok
Ketujuh Komputer
Komputer adalah
mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode,
mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana
dan rumit. Komputer memiliki kemampuan untuk menggabungkan dan mengendalikan
berbagai peralatan lainya, seperti CD player, video tape, dan audio tape.
Kelebihan
Media Komputer
a. Komputer
dapat mengakomudasi siswa yang lamban menerima pelajaran, karena ia dapat
memberikan iklim yang lebih bersifat efektif dengan cara yang lebih individual,
tidak pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan intruksi
seperti yang diinginkan program yang digunakan.
b. Komputer
dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan, melakukan kegiatan
laboratarium atau simulasi karena tersedianya animasi grafik warna, danmusik
yang dapat menambah realism.
Kelemahan Media Komputer
a.
Meskipun harga perangkat keras computer
cenderung semakin menurun (murah), pengembangan perangkat lunaknya masih
relatif mahal.
b.
Untuk menggunakan computer diperlukan
pengetahuan dan keterampilan khusus tentang computer.
c.
Komputer hanya efektif bila digunakan
oleh satu orang atau beberapa orang dalam kelompok kecil. Untuk kelompok yang
besar diperlukan tambahan peralatan lain yang mampu memproyeksikan pesan-pesan
di monitor ke layar lebih besar (Arsyad, 2014:54-56).
Dari
penjelasan di atas saya dapat menyimpulkan bahwa antara media dengan alat
peraga tidak berbeda dari segi fungsinya. Alat peraga sekedar alat bantu,
sedangkan media merupakan bagian integral dalam proses pembelajaran, dimana ada
pembagian tanggung jawab antara guru dan media. Sehingga menurut pendapat saya
jenis media yang paling efektif yang digunakan oleh guru ketika mengajar adalah
media slide karna cara pembuatannya tidak rumit dan rat-rata tiap sekolah
menggunakan LCD sehingga memudahkan para guru dalam penyapaiannya. Akan tetapi
ketika pembutan slide guru harus memahami bagaimana cara pembuatan slide yang
baik dana tidak asal membuatanya sehingga ketika penampilan slide para siswa
memahami dan cepat tanggap apa yang disampaikan oleh gurunya tersebut. Cara
yang harus diperhatika oleh guru dalam pembuatan slide adalah dalam pembuatan
slide ganti bullet point menjadi gambar dan menggunakan kata kunci dan jangan
menggunkan teks yang panjang sehingga membuat bosan para siswa, ringkas dan
sederhanakan teks yang ingin disampaikan agar pesan tersampaikan dengan jernih,
ubah teks dengan gambar dan angka, dan ubah cara penyajian lebih menarik
dibandingkan dengan yang dibuat orang kebanyakan dan cara yang terakhir
posisikan gambar dengan tepat.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad,
Azhar. 2014. Media pembelajaran.
Jakarta:
PT. Rajagrafindo Persada
Anitah,
Sri. 2012. Media Pembelajaran.
Yogyakarta: Teras.
Susilana
Rudi, dan Cepi Riana. 2011. Media
Pembelajaran.
Bandung:CV
Wacana Prima.
EmoticonEmoticon