Monday, September 25, 2017

ALIH AKASARA BAHASA KAWI

RESUME FILOLOGI
ANALISIS WATAK







OLEH
RINA KARLINA E1C114094

BAB I
PEMBAHASAN
                                                            ALIH AKSARA
A.    ASMARANDANA
HAL 42
1.      Wongten cerita winarni
2.      Hing Bandar halimnagara
3.      Kang tinutur sajarah he
4.      Caritane baginda hamsyah
5.      Kangrimndumpaka
6.       rara hanom paksa hanurun
7.      Kangkarya babad sekar

ALIH AKSARA TEKS ASMARANDANA
Hal 43-44
// ratu dewi harengganis/ wawu hing kang ginupita/ hing harga purawis mane/ putra nenata pandita/ ya hing haldah hemas/ hange ganiro hatapa lunggih/ patapane kaserik kawuriyan//
//nagarani pun kari hin/ hanenggih hing jamineran/ milane tilar kadatoni/ sang nata hing jami naron/ pukha pegat tarana/ timilar permesuri nipun/ sasedi napun pakun paran//
// ya dewi harengganis/ hatmajane hamungsayuga/ tinilar dening ibune/ langkong denya kaulasa sarsa/  nimos hayu kusumang rara/  mila sang rama sang parabu/ hadilar hing kang wibawa//
Hal 44-45
// haninggih hana hing ngukir/ hingkang panata pamangte/ hingkang panada pamangok/ hya dewi hayurara/ pinanjang kang yug ya/ dadya jalma kang pinunjal/ sasama nirawa rodya//

//deniraha mangun tapa hatalar kawi bawane/ wasis karya wanutya/ hanyungkit  hanylam/ngenti halip hanenun halus/ hamarada hana nunlimar//
//hanyungkit dandya bangkit/ sadina huli rang lemngar / noralali pangulame/ tanubi nintang hing kaca/ ye hanyung kit ngatik kemba/ hutawi yen kane nun kamapih/ kadatan wadi nongdoman//
B.    SINOM
Hal 45
1.      Yata sang raja pinutra
2.      Datansa  keca halingih
3.      Luma beling yasa kamhang
4.      Sampun tumace ming sami
5.      Namir rekang haneng jawi
6.      Kang hing jro hawan handula
7.      Raha dena sasa reyan
8.      Hamica reng  jro ning ngati
9.      Sapa baya ting kang baru sakpu sari.

ALIH AKSARA TEKS SINOM
HAL 46-47
// mban walaja haning jaba/ tinuding ruma kesang kuri/ sareng kalawan pare kasandaya/ prasamya nganti hanti/ sakwe hing sira mantri/ siratu menythung toh bawa/ punda mang tanpa nahan/ lanhu pacara hasih/ sabtu resa dylwir kadi wong pjah//
//hucapu hangumbara/ ratu hayu hareng ganis/ sareng kalawan hanginda kange/ hatung kulinta taman sari/ kangade gte pining beji/ wedar pari hatut pungkur/ hing suku hapapanta/ haryak gambir melati/ har saha siram sang ratna hasain pinjang//
//cawening ngu pang raras/ pate lesane sirasang dewi/ kawanga lansa yinya/ sang ratna haminder harimis/ mawar ngambir melati/ rema rewan dedengku/ lwir mega kadar galan sang dyah//


Hal 47-48
//lumabetingwuri/ wentiskinginumbyar kadipa rada//
//dahatsang ngayutaawikan/ yenra japi nutra hangintip/ hecadenyakake sokan/ hanglulur sarirahadi/ kadya massinangling sari rani rasangyu/ hangum sajro ning toya/ patangraso ne cawning/ yenwi nawangka diwong tan pasinjang/ yatasang raja pinutra ha deme nedeniraha ngitp/ tingale ka madap kaca/ rahardi yanmi carengngati bayaraga nehiki/ hing kang hangambilkang sekar hingsun/ mabke balahingdunya/ sangtansah denliring/ wuskagingwang deningma nising sarina//
Hal 48-49
//tampak wawayangan/ datankadunga hingngati yenma nusya hupami/ lingyendi dadala nekangrawuh/ tekanetanpasangka hapanbwang masih kinunci wongti nunggusadayakadi wongspsah mawahsa ke hing pawangan prasamya hana hingjawi/ tanda ne duduma nusya/ lansapin done malih/ sajanghingbsunna hurip/ hapandurunghingsunhanemu/ sarwaning mahusya/ ningkang mempermirip marip/ tayahiki wawu hingkang winastana//
// sang dewi tihing swarga/ denehaya nelingwih/ kasorringambar wawayangan/ hingkangsi rahmaning besi/ sangwatara hingngati/ manda hening kahani pun/ lanmalih winastana/ wonghiki durunghia//
Hal 49-50
//Wong hiki during halaki/ kata rarampahe pola hing sarira//
//rahaden sampunda ngerasa/yya hiki hamba yanin/ maring hawak hangsundula/ hamun desung hapa panglih/ norahata konmalih/ pejah hesari ranin sun yadyan tuma keng pejah/ datan wongdisun lampahi/ hedi nnora tanwaras dening husada//
Sampun deni rahasiram/ ratnu hayuha rengganis/ saksana mentas ringdurat/ hasalin sinjang rumusik/ sinjang limar kang tangi/ rasa pati karya huyung/ haremu sama derana kakem bejing ngati ipis/ pansina wur gebyar-gebyar kadi parade//
Sakehe busana nira/ hingungge harsa pribadi/ mashuyu hing harga pura//

Hal 50-51
Kangha tampak wedar parti/ hariyak gambir melati hapan hawak rukmin santun/ harenggang natah brangta/ kapan nungkul hinta hadi/ gandanya harum tanpa agandan/ sang ratu hayu lumampah/ gandrung-gandrung hangedanin/ hasir jang gerbong kupelak/ buntare sinjang kawing kis laras tanumpak siti/ sang sayan bimbu hing ngayu/ hasta hangangkat sinjang/ lelewane nyumbur hing ngangin/ taka pantes wong kaduk raga kerana/ harsa hamundut kang sekar/ kusuma hayu harengganis/ pansa mihandap balayap/ sakehe puspita sari/ kalangenan wintarawit/ puspa mekar tunjung tutur/
Hal 51
Yata sang raja pinutra/ sapo saheni Rengganis/ tininggalande ning Raden Wiratmaja/ hami caring jro nong nala/ hapa tabaya puniki/ hingkang hamundut hing sekar/ mangketa sirabi lahi/ yata Dewi Rengganis/ dukha metik tunjung tutur/ yata Raja Pinutra/ Hangandi kasarwinudingi/ yata hiki hingkang ngaru  saka puspita//
Kumanyut kusumang rara/ kalangkung ngapet-ngapetin/ pansareng wawu tumangal lwyrki latbarung lantatit/ sangdyah micaren ngati/ bahi kira panipun/ hingkang debekan tamar/ tuhusih kalamun hapekik/ miderin rabapuse tanpa tandinan//
//rengganis//
C.     PANGKUR
Hal 52
1.      Hana gentining casita
2.      Janpeng raha kalanira tinangkil
3.      Pepekpura ratusun
4.      Jejel haneng panangkilan
5.      Lwir pangarabal yendinulu
6.      Kadihukir kadalasah
7.      Haberang busanane kang manteri.
                            

ALIH AKSARA TEKS PANGKUR
HAL 53-54
// Hana gendi ning carita jayeng rana kalanira tinangkil/ pepek aprara tucun jeje lahneng panangkilan/ lwir sagara  robala yendi nulu/ kadi hukir  kawa legar/ haberang busana ne kang menteri//
 hing kang mung geng ting hayunan/ raja maktalhing harabnagari/ ngandika kangja yengsatru/ dating maring raja maktal/ wusla mi putra ngong nora kabulu/ kakiraden patmaja/ lawas rana nang kil/ wong lagi hakerma hanyar/ sukur sunpapa syanhakermiyata raja maktal humatur/ dating sang jayerana/ hajrih matur mangke pukulun/ putra gusti paduka hamsyah/ menggih sampun kalih sasih/ haku kudung haneng hudyana/ datan mantuk datandale ming/ ka remjro ning taman santun/  datankare mhakerma/ kali hengger watanur sahata temu raden harya repatmaja/ warta ne nandang sakit//
 kadi sakit kaprang yangyang/ kados kala manggih titi yang lili/ kala datang sakiti pun/ haniba kapi dari/ malahti panadu rattan ken a hemutri sampun nira ka kapidara/ sang raja hang lilir// gusti hanulya hangnalah/ wina tawis wong ka dyawenang pikir/ pangandika na hangrumrum/ hinggih hing tawang tuwang/ hangandi ka data nwentanre wangi pun/ mesemgu mujeng hasuka/ datan hana re wangi reprobadi// pepe ki ning hudiyana/ punika humaru//
Hal 55-56
Marama hangarih harip/ puni ka kala/nerawuh/ sakit putrawan/ yenkala ne wawudoteng sakitipun/ datan kena hangandika dating siang nutu pilitri/ jayerana hangandika hasemu duka kalingga ne sang jaya yeng pati daku pade ngangun, wekasan ngandika dene sira nora maturi maringkun, menggal sarwi hatbah jaja, sirasang prau ringjurik, heh sapa kang buturing sira lamun putera sling sunhama mgiga sakit raja makta nembah numetur hinggih hingkang holulur hikambani puninggih tuminggung toh batu, jayengrana mangkeng andika, dene mangke hushalami tanhanahatur huninggah lamun putera ningsunhamang.
Hal 56
Gih sakit, bila hisitumenggong tuh bahu tahopakanya raja maktal sanruh mbah mtur ninggih gusti putra tuanna, sangat pahun weweli yen kongsihatur langrama hing sun tumpas henhatursu peksi, sangja yeng rana wusdur saking hing panangkilan, nulya bubar sakatu hing huraratu  lwir gerah swaranenggala, kahucapnapra muswari, penaru kwadyawi hana, jayeng rana ngandika ringpermusara hingkang hanama ahwimarmptu hingkang haninira muniggar sala kang raka gumeti karanggulu putrid hadisi rengjagat
//Rengganis//



















ALIH BAHASA
TEKS ASMARANDANA
HALAMAN 43-44
Teks asmarandana Ni Dewi Ayu Rengganis/Pada saat ini diceritakan/dia tinggal di gunung argapura/dia adalah putri dari raja pandik/ yang berasal dari negeri aldakemas/ kepergiannya untuk hidmat bertapa/ tempat pertapaannya sejuk dan indah//
Negara sebelumnya yang ditinggalkan/ berasal dari negeri jamineran/ beliau (sang raja) mengapa meninggalkan kerajaan/ sang raja yang bertahta di negeri jamineran/ di saat rasa putus asa/ ditinggalkan mati oleh permaisurinya//
 perasaan sedihnya yang terus berlarut-larut/ dan diceritakan Dewi Ayu Rengganis/ putri satu-satunya sang raja/ ditinggal mati oleh ibundanya/ itulah sebabnya sang raja sangat sedih dan prihatin/ pada buah hatinya Mas Ayu Rengganis/ demikianlah diceritaka ayahandanya baginda raja//
HALAMAN 44-45
beliau sang raja meninggalkan semua kemewahan kerajaan/ dan bertempat tinggal di gunung/ meninggalkan semua kemewahan dunia/ kini hidup dalam pertapaan/ demikian halnya sang dewi hidup dalam kesederhanaan/ senantiasa belajar dengan tekun/ untuk menjadi orang yang mempuni//
diantara sesama wanita/ bersama dengan ridhonya sang Maha Kuasa/ beliau dalam pertapaan/ meninggalkan segala bentuk kemewahan/  kreatif dalam setiap pekerjaan perempuan/ membuat songket dan sulaman/ demikian halnya karya tenun yang halus//
juga membatik dengan ragam hias prade/ pekerjaan nyongket dia sangat cekatan/ dalam satu hari dapat menghasilkan dua lembar/ tidak lupa juga denga menyulam/ layaknya seperti bintang di kaca/ untuk karya menyongket batik dengan motif kembang/ atau menenun kain/ semua itu tanpa menggunakan mal atau contoh//

TEKS SINOM
HALAMAN 46-47
//Pemerintah bersiaplah untuk berjaga/ ronda/ berjaga dipintu taman sari para sentene bersama-sama dan para kamla berdua untuk meronda dalam taman. Kalian semua waspada dan astisivasi jaga taman itu jaga baik-baik. Nah apa yang telah aku telah perintah jangan sampai kamu semua seperti orang mati.//
//Ceritanya sang putri sudah diawang-awang langkasa . siapa putri itu adalah putri rengganis. Dia putri datang bersama angin. Pesisir sudah diatas tamansari. Langsung turun dipinggir kolam taman. Taman terbang berkibaran. Sehingga hinggaplah tawan-tawan itu disiku jati-jatinya. Dengan memakai pakaian gambir melati. Langsung bersiap-siap untuk mandi//
//Datangnya putri untuk mandi namamnya . Sutra serasa kang raras. Itukah kain putri untuk kainnya dan gambir melati untuk pembahasan mandi rambutnya lurus dibuka sampai sampai lututnya bercahaya sang putri bulan. Berjalan sarangaya ditiup angin hinggga kelihatan dua paha betisnya, betisnya putri seperti disepah//
HALAMAN 47-48
//Memang putri benar-benar tidak tahu kemudian repatmaja sehingga mengintip. Turun ditelaga mandi gosok-gosok itu sebenarnya seperti selake disepah waktu mandi pakaiannyapun masih basah. Cahaya keluar dari badannya pakaiannya pun basah tembus pandang. Namun putri mandi seperti tidak pakai pembasah//
//Pepat maja sungguh-sungguh keheranan melihatnya, sehingga waktu itu luar biasa sedang mengintip putri. Tidak samar-samar lagi kelihatannya sang putri disinilah hati sang raja berdebar debar berbicara dalam hatinya ( sang Rdaen) siapakah dan apakah yang aku lihat ini siapakah manusia atau jin atau barangnya dunia.  Seagala perbuatannya menyenangkan hati//
//Raden berfikir dalam hati sangat aku tidak sangka-sangka. Tak pernah terbayang dalam  hhati seandainya dia itu adalah manusia. Darimana jalannya. Bisa datang dan masuk-masuknya datang tiba-tiba karena pintu taman masih terkunci berarti orang menunggu seperti orang mati semua yang ada menunggu taman.//
HALAMAN 48-49
//Padahal semua balamentri sudah menunggu di luar, tanda ini bukan manusia, dan yang kedua lagi selain hidup saya, tidak pernah saya menjumpai mirip-mirip dari rupa semua orang, teman-teman sebaya serupa pun tidak ada, selama ini aku heran, mungkin selama ini yang disebut.//
//Sang dewi Ratih di surga, sehat dan cantik luar biasa, mengalahi gambar di yotu, rupa orang yang mandi ini, baik dari tingkah laku, selalu menunjukkan, dan lagi-lagi rupa-rupannya, belum punya laki-laki (suami) dari gerak geriknya berjalan.//

HALAMAN 49-50
//Maka raden Rapatmaja mulai sabar/ orang ini harus aku miliki oleh aku sendiri/ jikaulau aku belum jumpa/ maka raden  repatmaje mulai sadar/ orang ini yang harus aku miliki oleh kau sendiri/ jika kalau aku belum jumpai atau milikki/ apa lagi kau pertanyakan/ seandainya kata dia alami mati//
ilahi kalau tidak memilikinya/ pasti ada jalan/ aku tidak akan sembuh diobati terkendali dia/ setelah selesai sang putrid mandi/ yaitu tidak lain putrid cantik rengganis/ segera naik di melintas di daratan atau jalan/ untuk menggantikan kain yang pulang/ lunar tangi nama kain sang putri/ tambah cantik lagi perawan/ iying sarung sebelahan di kepit dan kainnya tepis//
 rupa betis seperti mas parade/ segala apa saja yang dipakai olehnya/ slalu jadi bertambah cantik/ diah mas ayu yang berada di agepare/ sebuah tempat rumah ter aping/ memang rengganis awak rahmin santun/ giwang anting-antinng matak berangte/ yang bertatah intan adi/ putri baunya harum berganda//
HALAMAN 50-51
segala apa yang dipakainya/ sungguh jadi menambahkan ke calikannya/ duhai mas ayu yang di argepare R. repat manje melihat dari/ segala perbuatan deur rengganis/ sudah di cap di liat oleh R.  Repatmaje/ repatmaje bicara didalam/ mungkin ini datang dari dulu/ untuk mengambil bunga taman sari/ di dalam taman sudah mulai rengganis melihat bunga//
namun bunga belum dipakek langsung merendahkan diri/ segala dia perbuat pada waktu itu/ semua bunga di taman dipilihnya/ yang tinggal poleknya saja/ sejanya itu habis layu/ bunga taman jadi rusak/ segala mudah tanduknya dalam taman/ dilihat semua oleh R. Repatmaje/ R. repatmaje berbicara dalam hati//
HALAMAN 51
 Mungkin inilah yang diperbuat/ Selalu merusak memilih bunga taman/ Alemang sudah tokolir ilahi/ Sudah nyata perbuatan putrid rengganis/ Repaje keluar dari sekambang/ Mendekat sambil membentak/ Dan langsung di tuduh berbuat salah/ Sesungguh inilah yang membuat rusak memilij bunga taman//
 Putrid terkejut mundur sedikit/ Terlalu terkejut menyangkut-menyangkutkan/ Marahnya repatmaje tak ubahnya/ Seperti kilat disambar petir/ Putrid sang diah lagi mundur sedikit/ Dan sekarang sudah jelas/ Yang membuat rusak taman bunga/ Rengganis terkejut melihat yang punya taman/ Sudah takolir// bertemu orang gagh cantik dan tampan

TEKS PANGKUR
Hal 53-54
Sekarang ini lain diceritakan/ Jayengrane disaatnya pertemuan/ Lengkap hadir para pembesar kerajaan/ Penuh sesak diarena pertemuan/ Tidak ubahnya seperti buah air laut kelihatannya/ Seperti gunung meletus kedengarannya/ Dengan busana kebesaran yang dikenakan para petinggi //
Duduk ditempat paling depan/ Adalah raja Maktal dari Negara Alabani/ Jayengrane menyampaikan amanat/ Seraya bertanya kepada raja Maktal/ Sudah sekian lama putraku tidak keliatan/ Putra Mahkota tidak pernah hadir dalam pertemuan//
Dia memang sedang pengantin baru/ Syukur bahagia melihatnya dia tidak menikah/ Raja Maktal menyampaikan keadaan sebenarnya/ Disampaikan langsung kepada sang Raja Jayengrana/ Ada perasaan sungkan bagi hamba untuk menyampaikan pada paduka Keadaan putra paduka saat ini/ Sudah lebih baik dari bulan//
HAL 54-55
Beliau berdiam diri didalam perpondokannya/ Tidak pulanh kedalam istana/ Beliau menetap tinggal didalam taman sari/ Beliau tidak menetap bersama istrinya/ Kedua istrinya tidak ada keinginan untuk bertemu/ Demikianlah keadaan Raden Arya Repatmaje/ Menurut cerita beliau sedang sakit//
Namun sakitnya seperti terkena jampi-jampi (pelet)/ Disaat bertemu tidak ubahnya seperti anak-anak/ Disaat kumat (dating) sakitnya/ Layaknya seperti orang mati/ Bahkan lamanya kira-kira tiga kali nyirih tidak syuman/ sesudah sadar dari siumannya/ Raja putra seperti sempoyongan//
Raja tidak seperti kelelahan/ Kesannya seperti ada beban dalam pikirannya/ Perkataannya ngeantur tidak karuan/ Pandangannya hanya menatap keatas (langit)/ Berbicara tidak ada teman bicaranya/ Beliau tersenyum sendiri/ Tidak ada lawan bicara tetapi sendirI//
HAL 55-56
Dipondok tempatnya bediam diri/ disana melamun dan kadang kala teriak/ Dan disana manangkala dating/ Raja saki (kumat) putra paduka/ Pada saat datangnya rasa sakitnya/ Tidak akan pernah mau berbicara/ Dari pagi hari sampai dengan malam hari//
Jayengrane lalu berkata/ Menghadapi masalah saat ini Jayengrane/ Mereka datang semua pada diam/ Amanat kata-kata yang disampaikan/ Mengapa engkau tidak menyampaikan kepadaku/ Seraya menepuk dadanya/ Engkau sebagai seorang satria//


Hai,,siapa yang menceritakan engkau/ Kalau saat ini putraku sedang sakit/ Raja Maktal menyampaikan keterangan/ Informasi yang hamba sampaikan ini/ Para pelayan dan dayang-dayang yang mendampingi beliau/ Maka, ada perintah yang disampaikan Jayengrane/ Karena sekarang sudah sangat lama//
HAL 56
Tidak ada berita sebelumnya/ Jikalau putraku menderita sakit/ Kurang ajar para dayang-dayang dan pelayan itu/ Apa saja pekerjaanya/ Raja Maktal kembali menyampaikan pendapat/ Sesungguhnya putra paduka/ Sangat memprihatikan kedadaanya//
Mereka enggan menyampaikan kepada paduka ayahandanya, Hamba yang disuruh untuk menyampaikan semua ini, Kemudian Jayengrane kembali, Dari tempar pertemuan tersebut, Diikuti oleh semua petinggi kerajaan meninggal tempat, Gemuruh suara dari orang banyak, Selanjutnya diceritakan permaisuri.
Diceritakan dari awal keberadaanya, Jayengrane menyampaikan kepada permaisuri, Yang bernama Dewi Marpintu, Dia adalah adiknya dari Dewi Minigar, Manakala kakaknya meninggal di dipersunting lagi, Putri yang sangat cantik jelita dibawah lengkung langit ini.

ANALISIS WATAK
Dari ke tiga teks naskah yang kami analisis, terdapat beberapa tokoh yang memiliki berbagai macam karakter berbeda-beda dalam naskah teks asmarandana, sinom dan pangkur.
1.      TEKS ASMARANDANA

No
TOKOH
WATAK
PEMBUKTIAN
1.
Ni Dewi Ayu Rengganis
-Tekun








-Cekatan





- demikian halnya sang dewi hidup dalam kesederhanaan/ senantiasa belajar dengan tekun/ untuk menjadi orang yang mempuni//
(pada bait 3, hal. 44)

- juga membatik dengan ragam hias prade/ pekerjaan nyongket dia sangat cekatan/ dalam satu hari dapat menghasilkan dua lembar/
(pada bait 12-14. Hal 44)
2.
Raja Pandik
-Pesimis





-Peduli









-sederhana
- di saat rasa putus asa ditinggalkan mati oleh permaisurinya
(pada bait ke-2, hal 43)

-itulah sebabnya sang raja sangat sedih dan prihatin pada buah hatinya Mas Ayu Rengganis demikianlah diceritaka ayahandanya baginda raja



- raja meninggalkan semua kemewahan kerajaan/ dan bertempat tinggal di gunung/ meninggalkan semua kemewahan dunia/ kini hidup dalam pertapaan
(pada bait 1-2 hal. 44)

2.      TEKS SINOM

1.
Pemerintah
-Tegas
- Kalian semua waspada dan astisivasi jaga taman itu jaga baik-baik. Nah apa yang telah aku telah perintah jangan sampai kamu semua seperti orang mati.//
(pada bait 4-5, hal 46)
2.
Raden Atmaja
-keras pendirian








-pemarah






-sabar
- orang ini harus aku miliki oleh aku sendiri/ jikaulau aku belum jumpa/ maka raden  repatmaje mulai sadar/ orang ini yang harus aku miliki oleh kau sendiri/ jika kalau aku belum jumpai atau milikki/ apa lagi kau pertanyakan/ seandainya kata dia alami mati//
(pada bait 2-6, hal. 49)

- Repaje keluar dari sekambang/ Mendekat sambil membentak
(pada bait 5 dan 6, hal 51)

- Marahnya repatmaje tak ubahnya/ Seperti kilat disambar petir/
(pada bait 11 dan 12, hal.51)
- Maka raden Rapatmaja mulai sabar/ orang ini harus aku miliki oleh aku sendiri/ jikaulau aku belum jumpa/ maka raden  repatmaje mulai sadar/ (hal 49)

3.
Kaula (prajurit)
-patuh
- para sentene bersama-sama dan para kamla berdua untuk meronda dalam taman.(Bait pertam hal 46).

4.
Balamentari
-
- balamentri sudah menunggu di luar, tanda ini bukan manusia, dan yang kedua lagi selain hidup saya, tidak pernah saya menjumpai mirip-mirip dari rupa semua orang, teman-teman sebaya serupa pun tidak ada, selama ini aku heran, mungkin selama ini yang disebut.// (halm 48-49)



3.      TEKS PANGKUR

No
TOKOH
WATAK
PEMBUKTIAN
1.
Jayeng Rana
berwibawa



- Jayengrane disaatnya pertemuan/ Lengkap hadir para pembesar kerajaan/ Penuh sesak diarena pertemuan/ Tidak ubahnya seperti buah air laut kelihatannya/ Seperti gunung meletus kedengarannya/ Dengan busana kebesaran yang dikenakan para petinggi (Hal 53)
2.
Raja Maktal

- jujur









- Raja Maktal menyampaikan keadaan sebenarnya/ Disampaikan langsung kepada sang Raja Jayengrana/ Ada perasaan sungkan bagi hamba untuk menyampaikan pada paduka Keadaan putra paduka saat ini/ Sudah lebih baik dari bulan//
(pada bait 14-17, hal 53)









DAFTAR PUSTAKA


Sulistyorini, Dwi. 2015. Filologi teori dan penerapanya. Malang: Madani

Faturrahaman, Agus, Lalu. 2015. Pengantar Bahasa Kawi. Mataram:Genius.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon