Tuesday, September 26, 2017

contoh proposal pengajuan dalam bidang pertanian

I.    PENDAHULUAN




A.  Latar Belakang

Pembangunan pertanian dewasa ini diarahkan kepada ketahanan pangan serta pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkelanjutan, berkerakyatan dan terdesentralisasi dengan memperhatikan subsistem yang mendukung,            termasuk penyediaan sarana produksi, industrialisasi, pembangunan infrastruktur        pemasaran,   pascapanen, dan sebagainya.
Ketahanan pangan berperan penting dalam mewujudkan empat target utama pembangunan pertanian ke depan, yaitu (1) pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan, (2) peningkatan diversifikasi pangan, (3) peningkatan nilai tambah, daya saing, dan ekspor, dan (4) peningkatan kesejahteraan petani. Pembangunan sistem dan usaha agribisnis membuka peluang  bagi  berkembangnya  industri  sarana  produksi  dan  jasa  pelayanan. Penerapan teknologi yang  merupakan komponen  utama  agribisnis   akan meningkatkan kebutuhan sarana produksi  untuk  efisiensi  produksi,  distribusi, dan pemasaran hasil. Salah  satu  komponen  produksi yang dibutuhkan  petani adalah  benih  bermutu.  Ketersediaan  benih  bermutu  dinilai  strategis  karena sangat menentukan keberhasilan budi daya tanaman. Potensi genetik tanaman juga bergantung pada penggunaan benih bermutu. Mengingat  pentingnya fungsi  benih  dalam pengembangan agribisnis dan ketahanan  pangan,  maka penggunaan  varietas  unggul  yang  sesuai  dengan  preferensi  konsumen dan sistem produksi benih secara berkelanjutan menjadi semakin penting.
Benih  jagung  menempati  posisi  strategis  dalam  memenuhi kebutuhan nasional dan daerah. Mengingat bahwa daerah Kecamatan Alas Barat dan Alas Barat Barat merupakan salah satu daerah penghasil jagung. Untuk itu perlu adanya perluasan areal tanam jagung untuk  di wilayah Alas Barat untuk menjamin ketersedian benih dan produksi setiap waktu sehingga dapat meningkatkan produktifitas menuju swasembada jagung dalam rangka peningkatan pendapatan petani.
.            


B. Tujuan

Adapun tujuan dari proposal ini adalah :
1.        Untuk mendukung Percepatan perluasan areal tanam jagung hibrida.
2.        Meningkatkan produktifitas menuju swasembada jagung dalam rangka peningkatan pendapatan petani.
C. Sasaran
Adapun sasaran adalah :
1.      Menjamin ketersediaan produksi setiap waktu.
2.      Menjamin ketersediaan bahan baku untuk pengolahan industri.

D. Lokasi Perluasan Areal Tanam Jagung Hibrida


KELOMPOK                           : PEKAT BERANUNG
DESA                                      : MAPIN REA
KECAMATAN                         : ALAS BARAT
KABUPATEN                                     : SUMBAWA
WAKTU PELAKSANAAN      : JULI  2014





II. PROFIL KELOMPOK TANI 

A.        Identitas Kelompok Tani

Kelompok Tani Pekat Beranung yang berkedudukan di Desa Mapin Rea Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa.
B.        Sejarah dan Perkembangan
Terbentuknya Kelompok Tani Pekat Beranung didasari karena adanya persamaan kepentingan, visi dan misi serta tata letak lahan yang saling berdekatan yang pada akhirnya menyatukan tekad untuk membentuk satu wadah/kelompok yang mempunyai suatu usaha dibidang pertanian. Maka lahirlah Kelompok Tani Pekat Beranung pada tahun 2012, melalui sebuah pertemuan kelompok tani dengan jumlah anggota sebanyak  35  orang dengan luas ±25 Ha.

C.        Struktur Organisasi
Bedasarkan hasil musyawawarah dan mufakat seluruh anggota kelompok penangkar maka ditunjukanlah beberapa orang yang dipercayai sebagai pengurus kelompok dengan struktur kepengurusan sebagai berikut:
Pelindung dan penasehat           : Kepala Desa Mapin Rea
Ketua                                               : M.Saleh
sekretaris                                         :
Tarmizi
Bendahara                                      : Hamdi

D.           Kegiatan Yang Diusulkan
Kegiatan yang diusulkan adalah Perluasan Areal Tanam jagung dengan luas
± 25 Ha dengan jumlah anggota 35 orang.

E.           Potensi Pengembangan Perluasan Areal Tanam
Dengan melihat luas lahan potensial yang cukup besar untuk dijadikan lokasi menanam jagung, maka dipandang perlu untuk dilakukan pengembanggan luas lahan dengan mempertimbangkan minimya luas lahan pertanian yang ada, dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat.
Adanya kegiatan Peningkatan Areal Luas Tanam, Kelompok Tani mempunyai kesempatan  untuk meningkatkan produksi pertanian tanaman jagung dan Sumber Daya Manusia yang memadai yang selanjutnya ikut andil dalam peningkatan produksi pertanian secara nasional.



III.           PENUTUP

            Demikian proposal ini di buat, mudah-mudahan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi yang berkepentingan. Dengan iringan ridho dan do’a semoga Allah SWT. selalu melimpahkan taufiq hidayah serta ma’unah-Nya. Dan semoga usaha ini mendapat ridho-Nya. Amin.   





 Lampiran 1.
      Daftar Petani jagung Hibrida Kelompok Tani Pekat Beranung Kec. Alas Barat
No.
Nama Petani
Luas Lahan (Ha)
Varietas
Tanggal Tanam

.






Jumlah
25,00






KELOMPOK TANI PEKAT BERANUNG
DESA MAPIN REA  KECAMATAN ALAS BARAT SUMBAWA

Nomor       : 
Lampiran   : 1 Exemplar
Perihal       : Perluasan Areal
                    Tanam Jagung
        Kepada
Yth. Bapak Kepala Dinas Pertanian xxxxTanaman Pangan Kabupaten Sumbawa
        di_
               Sumbawa Besar

Dengan Hormat,
    Dengan ini kami Kelompok Tani Pekat Beranung Desa Mapin Rea Kecamatan Alas Barat, mohon bantuan Kepada Bapak untuk memberikan Perluasan Areal Tanam Jagung Hibrida :
1.    Kelompok Tani Pekat Beranung Desa Mapin Rea Kecamatan Alas Barat seluas ±25 Ha, yang akan dilaksanakan pada musim kemarau  ( Juli 2014 ).
2.    Data calon petani pelaksana terlampir.





 Alas Barat,  April  2014


Ketua

                        ( M. Saleh )
                                Sekretaris

                                  ( Tarmizi )

Mengetahui,
            Ka. UPT PIA Kec. Alas  &  Alas Barat


            ( Ridwan A.Md. )
              NIP :19641121 198711 1 002






























                                                         




      KATA PENGANTAR



Pembangunan pertanian dewasa ini diarahkan kepada ketahanan pangan serta pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkelanjutan, berkerakyatan dan terdesentralisasi dengan memperhatikan subsistem yang mendukung,            termasuk penyediaan sarana produksi, industrialisasi, pembangunan infrastruktur        pemasaran,   pascapanen, dan sebagainya.
Dalam  industri  perbenihan nasional dan daerah, karena menjadi sumber bagi produksi benih kelas di bawahnya yang akan digunakan petani. Mengingat bahwa daerah Kecamatan Alas Barat merupakan salah satu daerah penghasil jagung yang cukup banyak. Untuk itu perlu adanya perluasan areal tanam jagung untuk wilayah Alas Barat untuk menjamin ketersedian benih dan produksi setiap waktu sehingga dapat meningkatkan produktifitas menuju swasembada jagung dalam rangka peningkatan pendapatan petani.
.Demikian permohonan kami. Besar kiranya harapan kami dapat diakomodasi dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.





        Penyusun


 Kelompok Tani Pekat Beranung



Artikel Terkait

2 komentar

Assalamualaikum, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di internet , Sampai saya juga sudah di tipu di salah satu KSP on'line, tapi saya tidak pernah putus asa saya terus buka info di gogle dan saya melihat posting Bapak Suryanto tentang kisah cerita beliau dapat pinjaman di bank BI pusat jakarta tanpa di persulit beliau hanya melampirkan KK,KTP,AKTE lahir dan Jaminan Sertifikat RUMAH,dan saya
Juga pun memberanikan diri menghubungi nomor WA yang diterapkan dalam postingan bapak suryanto yaitu nomor WA bpk arif kepala bagian transfer Bank Indonesia pusat WA beliau di 085321740123

Dan beliau menjelaskan tabel pinjaman 25 juta sampai 500 juta dan waktu pinjaman hanya sampai 2 tahun itupun tidak di bayar perbulan penyampainan beliau , dana itu harus langsung di kembalikan pokok dan bunga uang'nya selama 2 tahun jadi kalau 200 juta nanti 2 tahun kemudian baru di kembalikan pokok dan bunga total 204.000.0000

Penyampaian beliau ini program dana pinjaman covid 19 dari seluruh dunia

Alhamdulillah setelah saya laporan semua berkas yang di butuhkan oleh bapak hj arif kurniawan, 5 jam kemudian saya dapat pesang singkat/sms bengking saldo saya bertambah 200 juta dari Bank indonesia alhamdulillah saya sangat bersyukur telah mendapat'kan bantuan pinjaman dana dari Bank Indonesia pusat sekali lagi terima kasih kepada bapak hj arif kurniawan yang telah membantu saya semoga bapak arif di beri umur panjang dan sukses selalu.amin


> pinjaman 25 juta sampai 100 juta
Bunga 1 juta pertahun

Pinjaman 100 sampai 200 juta
Bunga 2 juta pertahun

Pinjaman 200 sampai 300 juta
Bunga 3 juta pertahun

Pinjaman 300 sampai 400 juta
Bunga 4 juta pertahun

Pinjaman 400 juta sampai 500 juta
Bunga 5 juta pertahun

Berhati-hatilah jangan sampai tertipu !!!

Assalamualaikum kepada semua orang yang melihat kesaksian ini. Saya mohon maaf jika posting ini menyinggung kalian semua tapi saya lillahi ta'ala saya dan istri tersayang hanya ingin menceritakan semua pengalaman pribadi kami yang mengubah hidup kami menuju kesuksesan. Perkenalkan dulu diri saya, Nama saya Bapak dan Ibu Arlan Yuliandrie tinggal di kota Makassar di sini di Indonesia, Saya dulu bekerja sebagai Pemilik perusahaan Transportasi, tetapi himpitan ekonomi, yaitu hutang dan hutang dalam membangun bisnis saya, adalah semakin besar, tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya berusaha keras, suatu saat saya membuka internet tanpa sengaja saya melihat postingan seseorang bernama Erlina Tuty Sartika (erlinatutysartika15@gmail.com) yang sama dengan keadaan saya tetapi dia sudah berhasil, dia dibantu oleh Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma. Tanpa pikir panjang saya menghubunginya, saya diberi pencerahan dan solusi, awalnya saya takut tapi saya berusaha berani mengikuti nasehatnya alhamdulillah lancar dan sekarang saya tidak hanya punya satu perusahaan angkutan tapi tersebar di seluruh atau daerah dan pasar super di Makassar di sini di Indonesia. terima kasih saya ucapkan kepada REBACCA ALMA LOAN COMPANY yang telah menyetujui dan memberikan pinjaman kepada saya sebesar 5,6 Miliar rupiah, karena berkat beliau saya bisa seperti ini, mungkin banyak yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri, khusus untuk yang Yang benar-benar membutuhkan bantuan silahkan hubungi dia adalah Detail Kontak Ibu Yang Baik. Silakan hubungi dia, dia sah.

Nama: Ny. Rebacca Alma
Nomor Telepon: +14052595662
WhatsApp: +14052595662
Instagram: https://Instagram.com/rebaccaalma
e_mail: rebaccaalmaloancompany@gmail.com
Situs web: https: //rebaccaalmaloancompany.blogspot.com

Ini adalah pengalaman pribadi saya dan istri saya percaya atau tidak semua tergantung pada pembaca demi Tuhan yang begitu nyata dan terima kasih. Silakan Anda dapat menghubungi saya melalui email saya: arlanyuliandrie99@gmail.com. Harap bijak !!!

Assalamualaikum ......... allahuakbar .... allahuakbar .... allahuakbar.


EmoticonEmoticon